Minggu, 11 Desember 2011

Nonton Video Papuan Voices di Pasar

Beberapa video yang dibuat oleh kelompok aktivis Papua , yang memiliki nama Papuan Voices, juga memeriahkan hari hak asasi manusia di Pasar sementara mama – mama pedagang asli Papua di Jayapura. Video yang tampilkan mulai dari Mama punya cerita, Irronic Survival, Kelapa berbuah Jerigen, dan Surat sang Prada yang dibuat oleh tim Papuan Voices Merauke. Video pendek ini menambah pengetahuan bagi mama – mama, apa yang terjadi di Merauke.

‘’Mama – mama di Merauke juga sedang berjuang untuk dapat tempat yang layak di Merauke, Mahasiswa di Merauke harus mendampingi mama – mama untuk perjuangan pasar khusus juga ada di Merauke, sama halnya apa yang dilakukan di Jayapura.’’, ujar Jeni Madai,salah satu mama – mama penjual sayur di pasar sementara.  

Video pendek lainnya yang dibuat oleh tim Papuan Voices Jayapura juga ditampilkan, Mama Kasmira Pu mau, yang menceritakan tentang perjuangan perempuan di daerah investasi kelapa sawit. ‘’Perempuan disana harus memilih bekerja di perusahaan, yang penting dapat uang untuk makan hari ini, juga untuk anak sekolah, Perempuan akan terus berjuang untuk kesejahteraan hidup rumah tangga’’, ujar mama Yakoba Adii.

Awin Meke, salah video bercerita tentang mama – mama di pasar Jayapura, mulai dari perjuangan mama – mama hingga sekarang. ‘’ video pendek ini, perlu di sebarluaskan lagi di mama – mama pedagang asli Papua di kabupaten lainnya,  sehingga perjuangan mama – mama bisa menjadi dasar perjuangan untuk pasar khusus yang berada di daerah lainnya, bisa juga menjadi masukan bagi pemerintah, bahwa pedagang non – Papua sudah memenuhi hak ekonomi di Papua, sehingga orang asli Papua juga diberikan kesempatan untuk bersaing’’, ujar Gerda Rumbiak, salah satu pembeli.

Diakhir pemutaran video, ditampilkan video surat cinta kepada sang prada, suasana menjadi hening. Penonton mencermati apa yang dilihat. ‘’sedih sekali video pendek ini, diharapkan papa dari Yani bisa melihat anaknya yang sekarang umur 3 tahun’’, ujar Jacklyn, salah satu penonton. 

1 komentar:

  1. Luar biasa kegiatannya. kegiatan pemutaran filem yang sama juga di adakan di Jakarta Kemarin, dilaksanakan oleh engage media. Salut.

    BalasHapus